bisnis ikan hias sangat menguntungkan
bagaimana cara bisnis ikan hias untuk pemula

Cara Melakukan Bisnis Ikan Hias Supaya Untung Besar

Diposting pada

Cara Bisnis Ikan Hias Menguntungkan

bisnis ikan hias sangat menguntungkan

Target pasarnya sendiri juga bisa dari mana saja. Bisnis yang cukup mudah ini tidak boleh dianggap remeh, karena jika kita lebih giat dan rajin menjalankannya maka akan menghasilkan pendapatan yang sangat tinggi, karena prospek bisnis ini sangat bagus dan menjanjikan. Bagi Anda yang baru memulai Bisnis Ikan Hias dan belum tahu caranya, simak tips bisnis ikan hias yang menguntungkan di sini.

Baca juga: 9 Daftar Bisnis Yang Bisa Anda Coba Di Tahun 2022

Menentukan Tempat Usaha

Tempat yang strategis dan ramai dengan orang memang menjadi pilihan terbaik dalam memilih tempat usaha. Modal bisnis ikan hias tidak terlalu besar memang, Jadi apabila Anda memiliki modal yang cukup, Anda bisa menyewa tempat yang berada di tengah keramaian seperti pusat perbelanjaan, pinggir jalan dan lain-lain. Namun jika modal tidak mencukupi, buka usaha ikan hias di halaman rumah.

Menyiapkan Berbagai Peralatan

Jangan lupa siapkan juga perlengkapannya. Peralatan sangat diperlukan untuk memperpanjang umur ikan. Gunakan pompa, jaring ikan, dan filter berkualitas. Peralatan yang berkualitas dipastikan akan lebih awet, sehingga mengurangi biaya pembelian dalam waktu dekat, menjamin kebersihan air dan ikan yang lebih sehat.

Pemasaran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bisnis ikan hias memang membidik pasar dari mana saja. Namun meski begitu, bukan berarti Anda tidak menentukan target pasar Anda. Jika Anda menetapkan target untuk semua orang, Anda harus menyediakan ikan mulai dari yang murah hingga yang mahal. Anda bisa menyediakan berbagai jenis ikan dan jangan lupa sediakan ikan yang disukai oleh anak-anak.

Jenis Ikan Hias

Jenis ikan juga harus ditentukan dengan target pasar Anda. Misalnya untuk jenis ikan hias kelas menengah, Anda bisa menjual ikan cupang, koi, ikan koki, dan lain-lain. Namun jika ingin menjual ke kalangan atas, Anda bisa memilih arwana.

Baca juga: Berbagai Jenis Bisnis Produk Yang Akan Sukses Di 2023

Perawatan Ikan Hias

Dalam bisnis ini, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah perawatan ikan. Ikan yang dirawat dengan baik harus memiliki penampilan yang cantik dan menarik pembeli. Merawat ikan hias juga sangat mudah, Anda hanya perlu menjaga kondisi air tetap bersih, membersihkan kolam secara rutin dan memberikan pakan tepat waktu.

Lakukan Promosi

Untuk mendapatkan konsumen, lakukan promosi secara gencar. Sekarang Anda bisa menggunakan media sosial untuk promosi. Jangan lupa juga berikan petunjuk arah ke lokasi usaha Anda dan berikan brosur agar orang lain tertarik.

Jenis Ikan Hias

Bagi anda yang belum mengenal apa saja jenis atau macam ikan hias, Berikut ini kami berikan jenis ikan hias yang perlu diketahui.

Ikan Guppy

Jenis ikan ini sangat mudah dibudidayakan. Perawatannya juga cukup mudah dan tidak merepotkan. Cukup mengawinkan indukan guppy yang berumur minimal 4 bulan. Setelah itu, pisahkan indukan dan tunggu sekitar 30 hari sampai induk betina melahirkan.

Ikan Cupang

Ikan yang sangat populer ini juga disukai oleh anak-anak karena bentuk dan warnanya yang cantik. Sering dianggap sebagai ikan aduan, ternyata Cupang juga banyak dikoleksi bahkan diikutsertakan dalam kompetisi atau kontes ikan.

Ikan Mas Koki

Ikan jenis ini adalah salah satu ikan yang paling populer dan sangat mudah dibudidayakan. Sehingga menjadikannya identik dengan bentuk tubuhnya yang bulat dan sangat lucu. Selain itu, surai pada sirip, ekor dan punggung juga sangat indah.

Ikan Discus

Peminatnya banyak dan harga jualnya pun cukup tinggi. Ikan discus merupakan jenis ikan hias yang sangat potensial untuk dijadikan sebagai ide bisnis. Namun, dibandingkan dengan beberapa ikan yang disebutkan sebelumnya, ikan discus membutuhkan perawatan yang jauh lebih kompleks.

Demikian penjelasan dari saya tentang Cara Melakukan Bisnis Ikan Hias Supaya Untung Besar semoga bermanfaat, terimakasih.