belajar menjadi hacker secara otodidak

Belajar Menjadi Hacker Secara Otodidak Bagi Pemula

Diposting pada

Droppbuy.comHacker sering disandingkan dengan peretasan dan hal-hal buruk soal keamanan cyber di dunia maya. Kata ‘hacker’ sendiri sudah terkenal luas tapi dianggap hal yang kurang baik untuk dilakukan. Jadi, apakah belajar menjadi hacker secara otodidak bagi pemula adalah salah?

kalaupun diperbolehkan, bagaimana cara belajar menjadi hacker secara otodidak yang benar bagi pemula dan apa manfaatnya?

Ulasan di bawah ini akan membahas mengenai cara belajar menjadi hacker secara otodidak bagi pemula secara lengkap per poinnya. Dengan tujuan utama untuk menyelamatkan data-data pribadi serta asset lainnya yang rentan terkena peretasan.

Belajar Menjadi Hacker Secara Otodidak
sumber : aqi.co.id

Perlu digarisbawahi bahwa hacker tidak selamanya dianggap sebagai seorang cybercriminals. Dan kejahatan cyber tidak selamanya identik dengan kata ‘peretasan’.

Menurut laman forbes, tanpa adanya hackers, dunia tempat tinggal kita akan menjadi tempat yang lebih rentan dari yang kita bayangkan.

Bahkan, dalam sebuah laporan berjudul ‘Inside The Mind Of A Hacker’, sekelompok peretas berhasil menyelamatkan 27 milliar dollar uang organisasi dari bulan Mei tahun 2020 sampai Agustus 2021.

Statistik juga menunjukkan bahwa 79% hackers belajar secara otodidak di bidangnya. Nah, berikut adalah cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk belajar menjadi hacker secara otodidak bagi pemula.

Mempunyai Basic Skill

Attitude bagi seorang peretas memang sangat penting. Tapi selain attitude, hackers juga harus memiliki keterampilan dasar yang memadai.

Terdapat beberapa keterampilan dasar yang harus Anda miliki sebelum pantas menyandang nama hacker itu sendiri.

Skill tersebut bisa berubah sesuai perjalanan waktu karena perkembangan teknologi pastinya juga membawa keterampilan baru dan membuat keterampilan lama menjadi usang.

Misalnya, kasus hackers dulu sering menyertakan pemrograman dalam bahasa mesin. Tapi sekarang sudah tidak melibatkan HTML lagi.

Belajar Pemograman

Keterampilan peretasan yang paling mendasar adalah bahasa pemograman. Jika Anda tidak mengetahui basic skills yang satu ini, sangat disarankan untuk memulai mengenal Bahasa pemograman terlebih dahulu lewat software seperti Python.

Python dirancang dengan cukup rapi dan relatif mudah digunakan para pemula. Python juga dinilai sangat kuat, fleksibel dan cocok untuk proyek-proyek besar yang akan anda lakukan.

Selain Python, Java juga merupakan bahasa pemograman yang cocok digunakan untuk seseorang yang ingin menjadi hackers. Meskipun tarafnya jauh lebih sulit dari Python, tapi Java mampu menghasilkan kode yang lebih cepat daripada Python.

Seseorang tidak akan disebut dengan hacker jika hanya mengetahui satu atau dua Bahasa pemograman saja. Anda perlu belajar bagaimana memikirkan masalah pemrograman secara umum, terlepas tools apa pun yang digunakan.

Jika Anda masuk ke pemrograman yang sedikit lebih serius, ada software bernama C++ yang bisa digunakan. Namun, agaknya software yang satu ini agak sulit dipelajari bagi pemula.

Dapatkan Salah Satu Unix Open-Source

Seseorang yang ingin menjadi hacker setidaknya harus mempunyai komputer pribadi atau memiliki akses ke sebuah perangkat keras tersebut. Cara terbaik selanjutnya untuk belajar menjadi hacker secara otodidak adalah dengan mendapatkan Salinan linux atau salah satu BSD-Unix kemudian menginstallnya.

Memang benar bahawa banyak sekali sistem operasi lainnya di dunia ini selain Unix. Namun, biasanya mereka terdistribusi dalam binary yang susah untuk dibaca kodenya bagi pemula.

Unix merupakan sistem operasi dari internet. Dimana banyak internet hackers sekarang yang menggunakan sistem satu ini untuk belajar.

Belajar Cara Menggunakan World Wide Web

Cara belajar menjadi hacker secara otodidak selanjutnya adalah belajar soal world wide web dan HTML. Namun, perlu digarisbawahi bahwa belajar tentang homepage saja tidak akan menjadikan seseorang sebagai hacker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.