cara memperbaiki kipas angin tidak bisa berputar dan berdengung
cara memperbaiki kipas angin yang rusak sangat mudah dengan mengikuti tips ini

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar dan Berdengung Dengan Mudah

Diposting pada

droppbuy.com – Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar dan berdengung. Alat elektronik memang tidak selamanya akan baik-baik saja, semakin lama digunakan, maka pasti juga akan menimbulkan kerusakan. Namun akan sangat enak rasanya jika kita bisa memeprbaiki kerusakan tersebut, tanpa perlu memanggil tukang service.

Selain untuk menghemat pengeluaran, ketika kita berhasil memperbaiki kipas angin atau alat elektronik lainnya, maka akan ada kebanggaan tersendiri yang kita rasakan setelah berhasil memperbaikinya menjadi normal kembali.

Baca juga: Cara memperbaiki blender philips

Apakah saat ini kipas angin anda sedang rusak, tidak bisa berputar atau berdengung?. Namun anda belum mengetahui cara memperbaikinya?. Tenang disini admin droppbuy.com akan memberikan tips bagaimana cara memperbaikinya dengan mudah.

Namun sebelum kita service sendiri kipas angin tersebut, kita harus mengetahui dulu apa yang menjadi penyebab kipas angin tidak bisa berputar dan berdengung. Berikut penjelasannya:

Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar & Berdengung

1. Kapasitor mulai melemah

Komponen yang satu ini memiliki pernanan penting dalam kinerja kipas angin. Secara singkat, fungsi kapasitor pada kipas angin adalah untuk menyimpan energi listrik sebelum dinyalakan dan akan melepaskan sisa energi saat pemakain dan ketika kipas di matikan.

2. Bearing atau Bushing Aus

Jadi, apabila kapasitor melemah, maka energi yang tersimpan pun dalam kapasitor pun akan semakin sedikit, sehingga tidak mampu menggerakan baling-baling.

Penyebab kedua mengapa kipas angin tidak bisa berputar adalah bearing atau bushing aus. Hal itu membuat kipas angin terasa berat untuk berputar. Jika memungkinkan, selalu cek berkala komponen kipas angin, sekaligus membersihkannya dari debu.

3. As Motor Aus

Berikutnya yang paling umum terjadi, yaitu as motor aus yang mengakibatkan as motor dan stator tidak berada di tengah. Hal itu membuat as motor menempel pada stator hingga aus terkikis.

Setelah kita sudah mengetahui apa saja penyebab-penyebabnya, sekarang kita masuk pada pembahasan untuk cara memperbaiki kipas angin yang rusak tersebut.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar dan Berdengung Dengan Mudah

1. Buka kerangka kipas angin dengan obeng

Step pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka kerangka kipas angin, alatnya cukup dengan obeng saja. Lalu lepaskan baut yang terpasang pada kipas angin dengan hati-hati.

2. Buka penutup dinamo

Setelah kerangka di lepas, selanjutnya perhatikan penutup dinamo dan buka pelan-pelan. Lalu buka baut yang terpasang dan keluarkan dari stator ( plate yang ada gulungan di dalamnya) dan as motor.

Pada kondisi normal, kedua komponen akan berada di tengah. Jangan terburu-buru karena bisa saja ada kabel yang putus apabila tidak hati-hati. Hal ini bisa menambah pekerjaanmu yang seharusnya tidak perlu dilakukan.

3. Cek bearing atau bushing

Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar dan berdengung selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada bearing/bushing. Cara mudah untuk melakukannya adalah masukan as motor kedalam bearing/bearing, kemudian goyangkan.

Jika terasa longgar, maka artinya bearing/bushing sudah aus dan harus diganti dengan yang baru. Lepas bearing/bushing yang rusak, lalu pasang kembali dengan yang baru. Anda bisa membelinya di toko elektronik di wilayah anda, atau di toko online.

4. Bersihkan kipas angin hingga bersih

Bersihkan seluruh bagian kipas angin agar terbebas dari kotoran yang menumpuk. Sehingga kotoran tidak lagi menyangkut pada baling-baling dan mesin.

Untuk bagian kerangka dan baling-balingnya, anda bisa bersihkan dengan air, lalu di lap hingga kering. Namun untuk bagian yang di aliri arus listrik, cukup di bersihkan menggunakan kain atau kanebo saja.

5. Oleskan pelumas atau minyak

Agar lebih maksimal, jangan lupa untuk memberikan pelumas/minyak pada bagian depan dan belakang bearing secukupnya, supaya kipas angin anda awet dan tahan lama. Dengan memberi pelumas pada tersebut, terbukti ampuh untuk memperpanjang ketahanan kipas angin.

6. Pasang kembali kipas angin

Setelah semua step di atas sudah dilakukan, selanjutnya anda tinggal memasang kembali kipas angin seperti semula.

Kemudian tes apakah kipas angin sudah normal kembali. Apakah sudah bisa berputar normal dan tidak ada lagi suara mengganggu.

Tips merawat kipas angin agar awet

Saat kipas anda sudah di perbaiki dan berjalan dengan normal, supaya kipas angin awet dan tidak gampang rusak, lakukan tips ini:

Bersihkan kipas angin secara berkala

Apabila anda rutin membersihkan kotoran yang menempel pada kipas angin, tentu saja akan membuat kipas angin menjadi lebih awet dan enak di pandang mata.

Batasi waktu penggunaan

Penggunaan yang berlebihan adalah faktor utama, mengapa kipas angin jadi cepat rusak, karena dapat membuat kapasitor melemah.

Matikan kipas angin jika tidak digunakan, berikan jeda pada mesin agar tidak terlalu panas. Setelah beberapa saat anda bisa menghidupkannya kembali.

Hindari pemakaian kasar

Maksud dari pemakaian kasar adalah, jangan memutar paksa kepala kipas angin. Karena hal itu dapat merusak dan membuat kipas menjadi macet.

Hindari terkena air

Bukan hanya kipas angin, semua alat elektronik sebaiknya jangan sampai terkena air. Karena dapat merusak kipas angin dan mengakibatkan konsleting arus listrik.

Jika kipas angin diletakkan di dinding, biasanya hal yang sering terjadi adalah terkena tetesan air yang turun dari plafon bocor.

Cek secara berkala

Dengan melakukan pengecekan berkala, seperti pengecekan kabel yang bisa saja sewaktu-waktu terkelupas oleh tikus. Sehingga kita bisa lebih cepat tanggap untuk mengetahui dan memperbaikinya.

Itulah pembahasan artikel droppbuy.com kali ini tentang bagaimana cara memperbaiki kipas angin tidak berputar dan berdengung dengan mudah. Semoga membantu ya teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.