Cara Memperbaiki Resleting Celana Yang Tidak Mau Menyatu – droppbuy.com

Diposting pada

droppbuy.com – Cara memperbaiki resleting celana yang tidak mau menyatu atau menutup. Resleting merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah pakaian atau barang lainnya, seperti celana, tas, jaket, hingga dompet. Resleting yang baik sangat dibutuhkan untuk menjaga barang yang di dalamnya supaya aman.

Resleting sendiri terdiri dari 2 buah pita yang berada pada sisi kain dan di tutup oleh banyak gigi dari berbagai bahan seprti plastik atau besi, dengan bagian kepala yang bisa di arahkan untuk tertutup dan terbuka. Jika tertutup maka gigi resleting akan menyatu dan jika dibuka, gigi resleting akan memisah.

Baca juga: Cara Memperbaiki Blender Philips yang Rusak

Pada pembahasan kita kali ini adalah tentang bagaimana cara memperbaiki resleting celana yang tidak mau menyatu. Itu artinya resleting hanya terbuka saja tidak mau menutup. Walaupun sudah tarik keatas dan kebawah, namun tetap saja resleting tidak mau menyatu atau terutup.

hal tersebut pasti akan membuat kita malu di jalan saat menggunakan celana yang resletingnya tidak bisa menyatu seperti itu. Untuk mengatasinya, mari ikuti petunjuk yang akan saya bagikan dibawah:

Cara memperbaiki resleting celana

Kencangkan kepala resleting

Solusi pertama agar resleting celana bisa menyatu alias tertutup adalah dengan mengecangkan kepala resletingnya. Lalu bagaimana caranya?, berikut tahapannya:

-Pertama siapkan tang penjepit
-lalu kencangkan kepala resleting bagian kiri dan kanan secara perlahan, kemudian naik turunkan kepala resleting hingga menutup dengan rapat.
-ulangi cara tersebut berkali-kali jika resleting masih belum bisa menyatu
-hal yang harus diperhatikan adalah, jangan menekan terlalu keras kepala resleting agar tidak semakin berat kerusakannya.

Luruskan gigi resleting celana

Alasan kedua mengapa resleting tidak mau menyatu, bisa jadi karena gigi resleting ada yang bengkok. Cara memperbaikinya yaitu dengan meluruskan gigi resleting menggunakan tang pencapit.

-periksa gigi yang bengkok
-jika sudah menemukannya, tarik hingga sejajar dan lurus dengan gigi resleting yang lain.
-sekiranya sudah lurus, coba untuk menutup dan membuka resleting secara perlahan.

Bersihkan Gigi resleting celana yang kotor

Kemungkinan lain kenapa resleting bisa rusak adalah karena banyaknya kotoran yang menumpuk pada gigi resleting.

-coba anda periksa keseluruhan gigi resleting
-kemudian bersihkan dengan sikat gigi bekas atau apapun yang bisa menjangkau setiap bagian resleting.
Coba tarik dan turunkan gigi resleting kembali.

Olekan lilin/pelumas pada resleting yang rusak

Cara berikutnya bisa menggunakan lilin atau pelumas lain yang licin, seperti sabun,oli,shampo, atau body lotion. Caranya sangat mudah, yakni hanya dengan mengoleskan pelumas secara merata pada gigi resleting celana.

Anda bisa langsung menggunakan tangan untuk melumuri pelumasnya ataupun dengan bantuan cotton bud. Pastikan semua bagian terlumuri pelumas agar hasilnya maksimal.

Ganti resleting celana dengan yang baru

Cara terakhir jika resleting celana masih juga tidak bisa menyatu atau menutup adalah menggantinya dengan yang baru. Cara ini adalah cara yang paling terakhir anda lakukan apabila tips memperbaiki resleting celana diatas masih tidak bisa juga berhasil.

Anda bisa mendapatkan resleting calana di toko kain atau bisa membeli di toko online seperti tokopedia atau shopee. Harga resleting celana cukup murah, berkisar antar 5 ribu – 10 ribu rupiah saja.

Itulah 5 cara memperbaiki resleting celana yang tidak mau menyatu, yang bisa saya bagikan, semoga membantu ya teman-teman.