Macam-Macam Kerusakan Blender Philips Beserta Solusinya | droppbuy.com

Diposting pada

droppbuy.com – Macam-Macam Kerusakan Blender Philips Beserta Solusinya. Apabila anda sedang pusing karena mesin blender dirumah sedang rusak dan anda belum mengtahui bagaimana cara memperbaiki blender philips yang rusak dengan gampang dan benar. Ditambah anda jugaa malas pergi ke tempat service, tenang saja, anda sudah berada di situs yang tepat.

Disini saya akan membahas tuntas mengenai apa saja kerusakan pada blender philips yang sangat sering kali terjadi, beserta solusi bagaimana cara memperbaikinya.

Cara memperbaiki blender philips

Mesin blender rusak pastinya adalah sebuah masalah, hal tersebut membuat anda jadi tidak bisa menghaluskan bumbu dengan cepat ataupun membuat jus. Agar bisa memperbaiki blender philips, yuk baca terus artikel ini sampai akhir supaya paham.

Pertama-tama ketika mesin blender kita rusak yang harus kita lakukan adalah mencari penyebabnya.

Sebetulnya tidak banyak komponen elektronik yang terpasang pada mesin blender philips, sehingga kita bisa dengan mudah memperbaikinya sendiri di rumah. Berikut adalah kerusakan yang sering terjadi pada blender philips dan cara memperbaikinya.

Baca juga: Tips Memulai Usaha Warung Kopi

Mesin blender philips mati total

Penyebab kerusakan blender philips

Pada kasus blender yang mati total, bisa terjadi karena beberapa penyebab, jadi kita harus cek setiap komponen satu persatu.

Pertama coba cek seluruh kabel, termasuk kabel daya, apakah ada yang putus atau tidak, jika ada, maka silahkan sambungkan kembali. Jika tidak putus, kita lanjut ke step berikutnya.

Cek tombol ON/OFF nya. Apakah tombol on/off tersebut berada pas tepat pada tempatnya, jika tidak maka saat gelas di masukan, mesin blender tidak akan mau menyala, sebab tombol tersebut tidak tertekan oleh mounting blender. Namun apabila tombol on/off tidak bermasalah, kita lanjut ke cara selanjutnya.

Carbon brush Aus

Blender philips mati total

Carbon brush berada di bagian kiri dan kanan motor, berfungsi untuk menghantarkan arus listrik searah dari benda diam ke benda bergerak atau sebaliknya. jika blender philips mati total, carbon brush yang sudah aus ini bisa menjadi penyebabnya. Karena terus bergesekan sehingga lambat laun terkikis dan akhirnya habis.

Apabila sudah aus, ganti carbon rush dengan yang baru, bisa anda cari di toko listrik/elektronik.

Tetapi jika carbon rush masih bagus, maka solusi terakhir adalah mengganti dinamo. Karena kemungkinan besar dinamo sudah rusak atau ada lilitan yang putus, sehingga menyebabkan blender mati total.

Mesin blender bocor

Untuk masalah yang satu ini biasanya di sebabkan oleh mounting yang bocor, bukan dari bagian mesin. Jadi solusinya anda bisa mengganti dengan mounting yang baru. Harga mounting original bersikar antara 75 ribu – 100 ribu tergantung lokasi. Usahakan beli yang asli ya, karena kualitasnya sangat berbeda dengan yang palsu, sudah pasti lebih oke.

Mesin hidup, tapi pisau terasa berat

Masalah ini bisa di sebabkan karena menumpuknya kotoran dan debu pada mounting blender, yang mengakibatkan putaran pisau menjadi kurang maksimal.

Caranya bersihkan saja pisau blender yang kotor tersebut dengan air. Supaya tidak terjadi lagi hal seperti itu, simpanlah di tempat yang bersih dan kering.

Terdengar bunyi peluit pada blender

Pernahkah anda merasa kaget saat mematikan blender karena bunyi keras yang melengking seperti peluit?. Hal seperti itu terjadi umumnya karena gear pada pisau sudah goyang atau konektor pada mesin yang goyang, sehingga konektor dan gear tidak terhubung sempurna, akibatnya keluarlah bunyi keras seperti itu.

Solusinya yaitu, jika gear pisau yang rusak maka ganti gear dengan yang baru atau langsung membeli mounting saja supaya tidak perlu membongkarnya.

Tetapi jika konektor blender yang rusak, anda harus membuka body blender untuk menggantinya.
Harga konektor blender sangat murah, hanya sekitar 5 ribu rupiah.

Keluar percikan api pada blender

Keluarnya percikan api saat blender di nyalakan karena carbon brush tidak terpasang dengan benar atau mungkin saja longgar. Hal itu membuat brush dan komutator tidak bergesekan secara sempurna yang menyebabkan timbulnya percikan api serta membuat arus listrik pada motor blender tidak stabil.

Solusinya adalah mengganti carbon brush dengan yang baru, dan pastikan saat pemasangannya, harusbdipasang secara tegak lurus mengarah ke komutator, agar tidak terjadi lagi hal serupa.

Mesin blender tidak bertenaga

Jika mesin blender tidak bertenaga, kemungkinan besar kerusakan terletak pada dinamo mesin. Silahkan cek lilitan menggunakan AVO meter/multitester dengan setelan pengecekan ohm, jika jarum tidak bergerak sama sekali atau bergerak namun tidak melampaui angka 3, maka betul dinamo tersebut sudah tidak layak pakai.

Jika dinamo yang mengalami kerusakan, biasanya cukup sulit untuk untuk di perbaiki, karena terdapat lilitan yang tidak bisa begitu saja di perbaiki oleh orang awam. Maka solusi terbaiknya adalah mengganti dinamo tersebut dengan yang baru. Anda bisa membelinya di toko elektronik dengan harga 120 ribu.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Macam-macam Kerusakan Blender philips dan sekaligus bagaimana cara memperbaiki blender philips. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menyelesaikan masalah yang sedang anda hadapi. Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada yang membutuhkannya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.