BI Luncurkan Uang Baru 2022
BI Luncurkan Uang Baru 2022

BI Luncurkan Uang Baru 2022

Diposting pada

Droppbuy.comBI Luncurkan Uang Baru 2022. Bank Indonesia baru saja resmi meluncurkan uang rupiah kertas baru tahun 2022 ini, bertepatan dengan hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Republik Indonesia.

Ada 7 uang rupiah kertas yang kini resmi berlaku dan di edsarkan yaitu nominal Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2000, dan Rp 1000. Secara visual, Uang baru ini tetap mempertahankan gambar/tokoh pahlawan, tarian, pemandangan alam, dan flora khas Indonesia.

Prosesi perilisan uang baru dilakukan oleh Mentri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubenur Bank Sentral Perry Warjiyo.

Baca Juga : Update Informasi Aturan One Way Puncak Hari Ini

“Dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahim dengan mengharapkan ridho Allah yang Maha Kuasa pada hari ini 18 Agustus 2022, saya Perry Wajiyo Gubenur Bank Indonesia bersama Mentri Keuangan Sri Mulyani Indrawati resmi meluncurkan 7 pecahan rupiah kertas tahun emisi 2022 sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Republik Indonesia,” Ucap Gubenur Bank Sentral Perry Warjiyo, dalam peluncuran Uang Rupiah Kertas tahun Emisi 2022.

Perry Warjiyo menyatakan ke 7 pecahan Uang TE 2022 ini menjadi alat pembayaran yang sah mulai 18 Agustus 2022 sehinga melengkapi keberadaan uang rupiah kertas yang telah ada.

Perry mengatakan, peluncuran Uang Kertas ini merupakan wujud komitmen BI dalam menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya untuk masyarakat Indonesia. Ia berharap, masyarakat optimis bisa pulih dan bangkit cepat untuk kemajuan Indonesia maju,”ungkapnya.

Uang Baru Indonesia 2022

Sri Mulyani menyebut terdapat berbagai narasi kebangsaan di dalam lebaran rupiah. Menurutnya, rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia sudah selayaknya dihormati dan dibanggakan.

“Rupiah tidak sekedar mata Uang, ini merupakan mata uang ya g menggambarkan perjalanan Negara Republik Indonesia. Pada tanggal 30 Oktober 1946, uang rupiah Republik Indonesia dilahirkan dan berlaku. Waktu itu disampaikan oleh Wakil Persiden Indonesia Mohammad Hatta,” ucap Sri Mulyani.

Baca Juga : Tiga Angka Nol Di Belakang Uang Baru Indonesia Di Hilangkan

Sementara itu, Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono menjelaskan, uang rupiah kertas emisi 2022memiliki desain warna yang lebih tajam. Selain itu, menurutnya uang kertas baru ini dilengkapi unsur pengamana yang lebih andal dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

“Inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah dikenali ciri ke asliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk di palsukan sehingga uang. Rupiah semakin berkulitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutupnya.