Pengertian Akuntansi Serta Fungsinya Adalah Sebagai Berikut?
Pengertian Akuntansi Serta Fungsinya Adalah Sebagai Berikut?

Pengertian Akuntansi Serta Fungsinya Adalah Sebagai Berikut?

Diposting pada

droppbuy.com- Pengertian Akuntansi Serta Fungsinya Adalah Sebagai Berikut? Akuntansi adalah informasi yang memerlukan pelaporan segala macam kegiatan dan menggambarkan posisi keuangan perusahaan bagi pihak-pihak yang mengambil keputusan.

Agus Mahfudzetal. Menurut buku Ekonomi untuk SMA/Madrasah Aliyah Kelas XI. Konsep pelaporan keuangan adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi keuangan untuk memberikan penilaian dan keputusan yang jelas dan andal kepada mereka yang menggunakan informasi keuangan.

Tujuan utama pelaporan keuangan adalah untuk menghasilkan atau menyajikan informasi ekonomi kepada pemangku kepentingan tentang agen ekonomi.

baca juga: Pengertian Akuntansi yang Sangat Penting Bagi Pembisnis

Pengertian akuntansi secara sederhana, berdasarkan penjelasan di atas, merupakan kegiatan yang menyajikan informasi ekonomi kepada banyak pemangku kepentingan yang membutuhkannya.

Semua rumah tangga yang mengkonsumsi dan memproduksi membutuhkan informasi keuangan untuk mencapai tujuan yang diharapkan yaitu memaksimalkan keuntungan dengan pengorbanan tertentu.

Oleh karena itu, diperlukan metode pencatatan yang sistematis untuk mengubah transaksi keuangan menjadi informasi ekonomi yang bermanfaat.

Informasi akuntansi biasanya digunakan oleh investor, kreditur, pemerintah, karyawan, dan manajer atau direktur perusahaan.

Informasi ini berfungsi sebagai dasar pengambilan keputusan, sebagai bukti pertanggungjawaban manajemen kepada pemilik, dan sebagai bukti perkembangan perusahaan setiap tahunnya.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Soal kumparan bisnis

Oleh karena itu, manfaat pembukuan adalah untuk memperoleh informasi keuangan tentang perusahaan, membuktikan pertanggungjawaban manajemen kepada pemilik, dan mengetahui perkembangan perusahaan.

Fungsi Akuntansi

Perekaman laporan

Akuntansi bertindak sebagai laporan manajemen catatan yang menangkap atau mencatat transaksi secara sistematis dan dalam urutan kronologis.

Pelestarian dan Perlindungan Properti

Akuntansi membantu menentukan jumlah penyusutan yang sebenarnya dari aset perusahaan.

Rapat Hukum

Fungsi akuntansi merancang dan mengembangkan sistem seperti pencatatan dan pelaporan hasil, dan selalu mematuhi persyaratan hukum.

Klasifikasi

Memahami akuntansi sebagai sistem yang terkait dengan analisis sistematis dari data yang direkam.

Ringkasan

Baca juga: Berikut Penjelasan Pendapat Muray d.bryce Terkait Studi Kelayakan Bisnis

Akuntansi membantu menyajikan data sensitif dengan cara yang dapat dipahami dan berguna untuk pelaporan akuntansi internal dan eksternal. Proses ini berfokus pada neraca saldo, laporan laba rugi, dan pelaporan neraca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.