Plat Nomer Putih Akan Di Perlakukan Pada Bulan Juni 2022
Plat Nomer Putih Akan Di Perlakukan Pada Bulan Juni 2022

Plat Nomer Putih Akan Di Perlakukan Pada Bulan Juni 2022

Diposting pada

Droppbuy.com Plat Nomer Putih Akan Di Perlakukan Pada Bulan Juni 2022. Masih ingatkah anda terkait perubahan warna pelat motor dari hitam ke putih. Ada kabar dari rencana perubahan warna pelat nomer tersebut.

Korlantas Polri rencananya akan merilis perubahan warna pelat nomer kendaraan itu di bulan depan. Keputusan itu sebagai tindak lanjutan dari peraturan Kepolisian NO. 7 Tahun 2021 tentang registrasi dan Indentifikasi kendaraan bermotor.

Baca Juga : Aturan Baru Naik Kendaraan Mobil/Motor Pribadi/Umum Jarak 250 Km Wajib PCR/Antigen

Penerapan tersebut dilakukan secara bertahap ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia, jadi jangan kaget buat anda yang akan memiliki kendaran baru atau ganti pelat nomer setelah lima tahun, plat nomernya berwarna putih.

Ada 2 kondisi kendaran yang bisa mendapatkan plat nomer yang berwarna putih dalam waktu dekat ini. Dab kedua kondisi tersebut yaitu kendaran yang pajaknya lima tahun sudah habis msa berlakunya. Lalu kondisi lainya yaitu, kendaraan yang baru keluar dari diler.

Peluncuran Plat Nomer Putih Berlaku Pada Bulan Juni 2022

Baru-baru ini di indonesia akan menetapakan Plat putih akan di berlakukan pada bulan juni 2022 atau bulan depan. Penggunaaan plat putih supaya memepermudahakan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffik Enforcement (ETLE) yang menggunakan kamera.

Menurut kepolisian kamera ETLE bisa salah mengibdentifikasi plat nomer dengan dasar warna hitam. Indonesia merubah pelat nomer hitam menjadi putih seperti yang sudah di lakukan diberbagai negara lainnya yang menerapkan hal serupa.

Bagi anda yang memiliki kendaraan dengan plat nomer warna hitam. Tidak usah khawatir atau langsung mengganti plat hitam dengan plat nomor putih tulisan hitam tersebut. Pihak kepolisian memberikan kelonggaran hingga masa berlaku pelat hitam habis.

Baca Juga : Beberapa Cara Memilih Ansuransi Mobil Yang Mudah Dan Simpel

“kami peroritaskan dahulu untuk kendaran baru dan kendaraaan yang sudah 5 tahun menggunankan palat hitam matinya, jadi bertahap”, ucap Direktur Registrasi dan Indentifikasi Korlantas Polri, Brigadir jendral Yusri Yunus pada hari selasa (17-05-2022).

Sekarang ini, para pemilik kendaraan baru pun belum diperbolehkan menggunakan plat yang berwarna plat nomor putih 2022. Bagi mereka yang kedapatan menggunakan plat putih akan mendapatkan sangsi tilang dari kepolisian.

Penilangan pun sudah dilakukan oleh kepolisian anatar laian di jambi pekan lalu. Disana, banyak sekali pengguna kendaran yang memggunakan pelat putih, meski belum pada waktunya.

“dari hasil kegiatan yang ita lakukan penindakan dengan bukti tilang SIM dan STNK sebanyak lima lembar, di mana pengguna TNKB dengan sdasar putih bertuliskan hitam sudah banyak sekali beredar di kota jambi namun pemberlakuannya sampai saat ini belum sah di gunakan”, ucap Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi.

Untuk para pengguna di himbau jangan gegabah membuat plat nomor putih yang tidak resmi seperti mengganti pelat nomor hitam dengan putih, dengan cara membuatnya di pingir jalan.

Sedangkan untuk tarip pelat nomer kendaraan sipil dengan dasar putih tulisan hitam tidak akan mengalami kenaikan. Porli masih menggunakan acuan untuk peluncuran pelat putih tersebut.

Acuan yang digunakan yaitu masih aturan mengenai penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di kepolisian yang terdapat di peraturan pemerintahan Nomer 76 Tahun 2020.

Baca Juga : Bisnis Asuransi Yang Menguntungkan Untuk Di Mulai Pada Tahun 2022

Mengacu pada aturan tersebut penerbitan pelat nomer untuk roda dua RP 60 ribu untuk per pasang-nya, sedangkan untuk roda empat atau lebih dar empat akan di kenakan sekitar RP 100 ribu per pasang-nya.

Itulah informasi mengenai Plat Nomer Putih Akan Di Perlakukan Pada Bulan Juni 2022. yang bisa kami sampaikan di atas semoga dengan adanya informasi ini, bisa membantu dan bermanfaat buak anda yang saat ini tengah mencarinya.