Tujuan Utama Budidaya Mangrove Di Pantai Utara Jawa Adalah Melindungi Dari Abrasi
Tujuan Utama Budidaya Mangrove Di Pantai Utara Jawa Adalah Melindungi Dari Abrasi

Tujuan Utama Budidaya Mangrove Di Pantai Utara Jawa Adalah Melindungi Dari Abrasi

Diposting pada

Droppbuy.com – Disini kami akan memberikan informasi mengenai Tujuan Utama Budidaya Mangrove Di Pantai Utara Jawa Adalah Melindungi Dari Abrasi. Bukti nyata mangerove bisa menjadi benteng terhadap bencana alam.

PT kubota Indonesia kembali melakukan penanaman mangerove di wilayah kelurahan makang Kulon. Kecamatan Tugu. Kota semarang.

Ini merupakan kali kelima PTKI bekerjasama dengan kelompok Tani mangerove “lestrai” untuk menanam mangerove di area tersebut.

Baca Juga: Apa Perbedaan Email Bisnis dan Surat Bisnis Simak Penjelasannya di Bawah Berikut?

Hasil penanaman mangerove di tahun 2015 dan 2017 sudah dapat terlihat, banyak sekali pohon mangrove tumbuh subur dengan daun-daun nya yang hijau segar dan lebat serta ada pertumbuhan pucuk daun baru.

Namun bibit mangruve yang di tanam di tahun 2018 gagal tumbuh, karena abarsi dan saat ini menjadi daratan endapan pasir.

Tidak menyerah pada kegagalan yang terjadi. PTKI kembali menenam 5.000 bibit mngerov pada tanggal 27 September 2019 demngan mempertimbangakan ketetapan lokasi penanaman.

harapannya bibit mangerove yang di tanam bisa tumbuh dan berkembang, sesuai dengan tujaun mengembalikan pungsi ekosisitem dan mencegah abrasi pantai.

Bukan hanya itu saja pada tahun 2016, Maybank indonesia bekerja sama dengan yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI), yang memiliki fokus pada pendidikan dan pelestarian lingkungan hidup.

Mendukung penanamna hutan mangerove sebagai bagian dari peleltarian ekosistem kelautan dan kelestarian hutanmangerove di pesisir pantai utara (Patura).

Fokus tujuannya yaitu untuk memperbaiki pesisir pantai dengan meningkatkan penyerapan C02 serta memberdayakan masyarakat pesisir pantai tersebut.

Dukungan ini juga merupakan bentuk komitmen Maybank Indonesia sebagai agen penjual ORI 013. Partisipasi kami dalam upaya penghijauan lingkungan telah di laksanakan secara konsisten sejak tahun 2008 dengan melakukan penanaman pohon di beberapa kawasan di indonesia, diantaranya kawasan dunung gede, gunung merapi, Universitas Indonesia, jakarta, Bandung, Bantul, Semarang, Surabaya, medan, Cigalontong, dan Tasikmalaya.

Tujuan Utama Budidaya Mangrove Di Pantai Utara Jawa Adalah ….

Bukti nyata hutan mangerove bisa menjadi benteng terhadap bencana alam seperti abrasi, kenaikan muka air laut, bahkan tsunami terlihat nyata di desa Pabean Udik dan Desa karang Gosong, indramayu.

Kerja sama erat penyuluh kehutanan dan kelompok tani hutan (KTH) di sana merawat hutan mangerove agar bisa terus menjadi benteng tangguh sepanjang masa.

Hutan mangerove pesisir pantai karangkosong, kecamatan Indramayu, kabupaten Indramayu, jawa barat porak poranda. Mangerove habis di tebang untuk di jadikan budidaya bandeng dan udang.

Dampaknya, pelan namunpasti wilayah desa yang berada di pesisir pantai karangkosong yaitu, Desa pabean Udik dan Desa Karangkosong tergerus. Satu dusun bahkan hilang akibat di lahap abaeasi.

Pada periode tahun 1983 sampai 2008, abrasi terjadi di area seluas 127,3 hektar. tak hanya itu, masyarakat juga mengalami kegagalan budidaya udang dan bandeng, dengan kegagalan tersebut terjadi pada tahun 1996.

Baca Juga: Kumpulan Bisnis Yang Menguntungkan Puluhan Juta 2022

Persoalan itu kemudian memicu kesederhanaan masyarakat soal pentinya mangerove sebagai benteng alami dari bencana abrasi sekaligus mendorong usaha budidaya yang berkelanjutan.

maka di tahun 2003, terbentuk kelompok tani hutan (KHT) jaka kencana di Desa Pabean Udik yang di susul terbentuknya KTH Pantai Lestari di desa Karangkosong pada tahun 2008.

Ketua bidang penghujauan KTH Pantai Lestari Eka tarika menjelaskan warga bergerak membuat penahan abrasi untuk menyelamtakn tambak yang masih ada.

caranya dengan menanam mangerove di sepanjang pantai karangsong. “kami menenm mangerove sekitar tahun 2008 lalu, tujuan awalnya memang ingin melindungi tambak yang masih tersisa dar terjangan abrasi”, katanya.

Tidaklah mudah untuk menanam mangerove di lahan yang sudah tergerus. masyarakat perlu menyiapkan alat pemecah ombak agar bibit yang di tanam tak hanyut tersapu gelombang ombak. Juga disiapkan waring sebagai penangkap sedimen yang akan menjadi tempat hidup mangerove.

Sebagai ajir, yang akan menjadi tempat pegangan bibit mngerove yang baru di tanam digunakan sebuah bambu utuh. Pada satu titik, tidak hanya bibit mangerove yang di tanam, tapi juga propagul.

Propagul adalah buah mangerove yang akan menjadi calon bibit. Ini untuk meningkatkan keberhasilan penanaman mangerove oleh para petani.

Hasil nyata pada area seluas 20 hektar yang direhabilitasi KTH Pantai lestari, mangerove mulai terlihat tumbuh dan membentuk benteng hutan.

baca Juga: Bisnis Rumahan Yang Membutuhkan Sedikit Modal Dan Mudah Untuk Di Coba

Pada tahun 2013, mangerove hasil rehabilitasi mulai di datangi burung imigran, yang berarti kawasan itu sudah memberi sinyal bagus pemulihan ekosistem. Hutan mangerove hasil rehabilitasi pun mulai banyak dikunjungi sebagai tempat edukasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.