Cara Menggunakan Google Analytics Bagi Pemula
Cara Menggunakan Google Analytics Bagi Pemula

Cara Menggunakan Google Analytics Bagi Pemula

Diposting pada

Droppbuy.com – Disini kami akan memberikan informasi mengenai Cara Menggunakan Google Analytics Bagi Pemula. Yang mana ini akan membantu kalian yang masih belum banyak mengetahui Google Analytics.

Google memiliki beberapa tools yang membantu perkembangan suatu bisnis. Salah satu tools yang banyak digunakan yaitu Google Analytics yang membantu kalian memahami istilah dalam Tools.

Baca Juga : Panduan Lengkap Mengenai Google Serch Console

Google Analytics tool wajib kalian miliki bagi pemilik website. Dengan mengintasll Google Analytics, kalian bisa dengan mudah memantau trafik web.

Namun, bukan sekedar tfrafik saja yang perlu kalian ketahui. Platform ini juga menyediakan berbagai data soal platform sebuah situs. Mulai dari mana saja sumber trafik, data demografi pengunjung, konten popular, dan lainnya.

Kesemua data tersebut bisa kalian jadikan bahan evalusai komten dan situs web. Misalnya, kalian bisa memutuskan kinten mana yang penulis ulang atau dioptimasi. Plugin apa yang perlu ditambah. Aspek apa yang perlu di perbaiki konten atau produk mana yang menarik pengunjung.

Semua hal soal webset kalian bisa diketahui iewat Google Analytics. Asal kalian tahu cara menggunakan Google Analytics.

Artikel berikut ini akan membahas seputar definisi sampai paduan Google Analytic untuk pemula yang ingin mengetahui lebih dalam tentang analisi data dari Google. Simak ulasan artikel berikut ini.

Apa Itu Google Analytics

Google Analytic yaitiu salah satu tool dari Google yang bisa igunakan untuk mengetahui pengunjung di webset. Tool ini memang dirancang untuk mencapai data dari pengunjung suatu webset. Sehingga dari data tersebut seseorang bisa mendapatkan masukan yang berguna untuk meningkatkan bisnisnya.

Melalui Google Analytics kalian bisa mengetahui jumlah pengunjung yang masuk ke website, hal yang di minati oleh pengunjung. Sampai jumlah pembelian sesuatu barang melalui website.

Baca Juga : Google Ads Last Version Terbaru 2022

Secara keseluruhan Google Analytics merupakan tool yang lengkap dan dapat digunakan secara gratis. Biasanya untuk keperluan bisnis diperlukan tools lain yang dapat mendukung kinerja dari Google Analytics, misalnya Tag Manager, Google Data Studio, Searh Console, Google Ads, dan lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semia tools berguna untuk bisnis kalian sehingga kalian perlu memilihnya sesuai dengan kebutuhan saja.

Beberapa Hal Yang Dapat Di Peroleh Dari Google Analytics

Dengan Google Analytics kalian bisa mendapatkan banyak data yang di butuhkan untuk bisnis. Mulai dari data pengunjung sampai data performa suatu website. Terdapat banyak fitur yang dihadirkan dalam tool ini. Berikut di bawah ini beberapa hal yang bisa kalian miliki dari Google Analytics.

  • Jumlah pengunjung website (dalam kurun waktu tertentu dan di sesuaikan)
  • Mengetahui unggahan atau halaman yang popular
  • Mengetahui sember traffic
  • Dapat menjumlahkan performa dari aktivitas pemasaran
  • Perangkat yang di gunakan pengunjung
  • Negara yang mengakses website kalian
  • Jumlah konversi pengunjung ke website
  • Mengetahui demografi dan ketertarikan pengunjung dan lain-lain

Panduan Google Analytics Bagi pemula

Dalam panduan Google Analytics ini kalian akan memiliki gambaran tentang mengakses tool ini. Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mengetahui pnduan Google Analytics adalah menambahkan Google Analytic ke website kalian.

Untuk menambahkannya kamu bisa mengunjungi Analytics.google.com lalu masuk akun Google. Setelah masuk akan ditampikan halaman home pada Google Analytics.

Google Analytics akan mengumpulkan informasi dari website kalian menggunakan tracking code. Code tersebut dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman javaScript dan nantinya kode tersebut akan membantu untuk menerima informasi dengan komputer lain melalui jaringan internet.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang Di Google Adsense

Kalian bisa menemukan tracing code dengan cara klik Admin pada pojok kiri bawah lalu pilih Property>Tracking Info>Tracking code. Setelah memasukan code ke dalam sistem barulah Google Analytics dapat menerima informasi yang nantinya akan dianalisis.

Dalam Analytics sendiri terdapat banyak pilihan untuk melihat laporan data yang di butuhkan untuk bisnis. Terdapat halaman home, realtime, auquisition, behaviour, dan coversional, berikut penjelasannya.

Google Analytics Home

dalam halam home ini kalian akan melihat data metrik data dimana data pertama menampilkan pengunjung, banyaknya sesi, bounce rate, dan durasi sesi. Disinilah kalian juga bisa melihat jumlah pengunjung secara realitme.

Mertrik keduanya menampilkan laporan seperti jumlah pengguna aktif, pengguna berdasarkan negara, halaman tertatas, dan lain-lainya.

Realtime

Halaman Realtime ini akan menunjukan data secara langsung (realtime). Selain itu kalian bisa juga mengetahui lokasi pengunjung yang sedang mengakses website. Dalam realtime sendiri juga terdapat data sumber trffic yang menjelaskan dari mana saja pengguna mengakses sebsite.

Realtime sangat bermanfaat untuk mengukur performa dari campingn marketing. Apabila kamu mengadakan kampanye secar singkat maka kamu bisa melihat beberapa banyak pengunjung yang datang secar instan.

Audience

Apabila kalian ingin mengetahui lebih dalam tentang umur, genre, demografi, sampai perangkat yang digunakan pengunjung website bisa dengan Audience.

Selaim itu, kalian juga bisa mengetahui minat pengunjung melalui opsi interest dan melihat lokasi pengunjung yang mengakses website dengan klik Geo>Location.

Acquisition

Acquisition memudahkan kalian untuk mengetahui tentang darimana saja para pengguna mengakses sumber. Sumber traffic dala aqcuisition sendiri terbagi menjadi delapan kategori berbeda yang terdiri dari:

  • Organic, pengunjung mengakses lama kalian melalui mesian pencarian (search engine) seperti Google
  • Sosial, pengunjung mengakses melalui sosial media seperti Facebook, Instrsgram, twitter, dan yang lainnya
  • Referral, apabila pengunjung mengakses link dari website lain atau kanal Youtube
  • Direct, pengunjung langsung mengetik link melalui seach engine
  • Paid seach, apabila pengunjung mengakses link melalui iklan yang kamu buat atau pay-per-click (PPC)
  • Email, apabila pengunjung mengakses link melalui email blast
  • Display, pengunjung mengakses limk melalui display ad network
  • Affiliate, pengunjung mengakses link melalui affiliate

Aquisition berguna untuk membuat rencana pemesanan bisnis kalian, data acquisitions memungkinkan kamu memilih channel mana yang memiliki traffic besar dan setabil. Sehingga kalian bisa lebih fokus untuk membuat promosi pada suatu chennel.

Selain itu, apabila kalian sedang menjalankan iklan melalui Google Ads maka datanya dapat kamu lihat langsung melalui acquisition. Adapun opsi Seach Console untuk mengetahui keyword yang paling banyak digunakan oleh pengunjung dalam mengakses website.

Behavior

Untuk melihat bagaimana performa konten kalian bisa dengan memilih opsi behavir. dalam behavior sendiri terdapat Pageview untuk mengetahui total halaman yang dilihat oleh pengunjung, Unique Behavior adalah jumlah halaman yang di kunjungi min 1 kali.

Baca Juga: Pengertian Serta Panduan Lengkap Memulai Google Adsense

Disini kalian bisa melihat Average Time On Page untuk mengetahui seberapa lama pengunjung berada dalam suatu halaman. Bounce Rate yaitu pengunjung yang meninggalkan halaman tanpa melakukan hal lain seperti komen, like atau klik CTA.

dalam behavior juga terdapat opsi Site Content yang dapat melihat laporan dari Lending Page dan ada Site Speed yang mengukur kecepatan website ketika diakses oleh pengunjung.

Conversoins

Opsi conversional ini memudahkan kalian untuk melihat data konversi pengunjung sesuai dengan goal (tujuan) dari konversi bisnis kalian. Goal/ bisa apa saja misalnya seperti pembelian suatu item, download suatu file, dan lainnya.

Kalian bisa melihat data seperti total pendapatan, banyaknya transaksi, sampai tingkat konversi (conversional rate).

Itulah penjelasan tentang definisi, manfaat dan panduan Google Analytics yang dapat membantu kalian untuk meningkatkan performa dari bisnis kalian melalui data insight. Ada banyak hal yang menarik yang perlu kalian ketahui tentang Google Analytics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.