Apakah Bitcoin Legal Di Negara Indonesia Inilah Penjelasannya
Apakah Bitcoin Legal Di Negara Indonesia Inilah Penjelasannya

Apakah Bitcoin Legal Di Negara Indonesia Inilah Penjelasannya

Diposting pada

Droppbuy.com – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Apakah Bitcoin Legal Di Negara Indonesia Inilah Penjelasannya.

Sebelumnya, bitcoin dan crypto lainnya telah menjadi topik hangat di hampir semua bagian negara. Setiap negara memiliki caranya sendiri dalam menangani aset digital yang satu ini. Misalnya, El Salvador melegalkan Bitcoin sebagai alat pembayaran.

Sementara di beberapa negara lain, Bitcoin dan crypto lainnya hanya dilegalkan sebagai aset investasi daripada sebagai alat pembayaran. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Apakah Bitcoin legal di Indonesia?

Baca Juga : Beberapa Jenis Asuransi Kesehatan Yang Terbaik

Apakah Bitcoin Legal di Indonesia?

Bitcoin dan beberapa crypto lainnya telah dinyatakan legal di Indonesia sejak 2019 oleh Kementerian Perdagangan (mot) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka (Bappebti). Meski legal, Bitcoin di Indonesia dianggap sebagai komoditas yang bisa diperdagangkan, bukan sebagai alat pembayaran.

Adapun peraturan Bappebti telah melegalkan perdagangan crypto di Indonesia yang tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 5 pada tahun 2019 tentang ketentuan Organisasi Teknis Pasar Dalam aset fisik Crypto (Crypto Assets) di pasar berjangka.

Selain itu, Bappebti juga telah mengeluarkan peraturan terkait aset kripto yang dapat diperdagangkan di Indonesia. Hal ini dinyatakan dalam Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Nomor 7 pada tahun 2020 tentang penentuan daftar aset Crypto dapat diperdagangkan di pasar fisik aset Crypto.

Dalam aturan ini ada 229 crypto One Bitcoin yang diperdagangkan secara legal di Indonesia. Jadi bagi calon investor pastikan untuk memeriksa legalitas crypto yang sudah terdaftar di Bappebti.

Baca Juga : Kabar Haraga Bitcoin Mencapai Rp 631,4 Percoin Rusia Berpindah Ke Kripto

Adapun kegiatan terlarang Bitcoin dan kripo atau ilegal lainnya sebagai alat pembayaran mengacu pada peraturan dalam UU No. 7 tahun 2011 tentang mata uang, di telinga artikel menjelaskan, mata uang yang dikeluarkan oleh Negara Kesatuan Republik indonesia (NKRI) disebut Rupiah.

Penutup

Demikianlah ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai Apakah Bitcoin Legal Di Negara Indonesia Inilah Penjelasannya. Semoga dengan adanya informasi di atas bisa membantu anda yang saat ini tengah mencarinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.